Text
Meningkatkan kemampuan membaca notasi balok dengan media pembelajaran pianika siswa kelas V : studi penelitian tindakan kelas SDN Tanah Tinggi 07 Pagi Kecamatan Johar Baru Jakarta Pusat
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA NOTASI BALOK DENGAN MEDIA PIANIKA PADA SISWA KELAS V SDN TANAH TINGGI 07 PAGI JOHAR BARU JAKARTA PUSAT (2016)
ABSTRAK
MEGAWATI TRI FEBRIYANI. Meningkatkan Kemampuan Membaca Notasi Balok dengan Media Pembelajaran Pianika Pada Siswa Kelas V SD. Skripsi Jakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta, 2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui meningkatkan kemampuan membaca notasi balok dengan media pembelajaran pianikapada siswa kelas V SDN Tanah Tinggi 07 Pagi Jakarta Pusat.Subjek penelitian adalah siswa kelas V pada semester II tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 28 orang. Penelitian dilakukan sebanyak dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi.Hasil penelitian menunjukan persentase nilai pengamatan tindakan guru pada siklus I mencapai 70% dan meningkat pada siklus II menjadi 85%. Adapun persentase meningkatkan kemampuan membaca notasi balok dengan media pembelajaran pianika pada siklus I mencapai 65,48% meningkat pada siklus II menjadi 84,29%Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa meningkatkan kemampuan membaca notasi balok pada siswa kelas V SDN Tanah Tinggi 07 Pagi Jakarta Pusat dapat ditingkatkan melalui media pembelajaran pianika. Implikasi hasil penelitian ini adalah bahwa penggunaan media pembelajaran pianika merupakan salah satu kegiatan pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan membaca notasi balok siswa kelas V SDN Tanah Tinggi 07 Pagi Jakarta Pusat.
Kata Kunci: Kemampuan membaca notasi balok, Media pembelajaran pianika
Bibliografi : lembar 96-97
SS00010372 | SK 10372 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain