Text
Peningkatan keterampilan bermain alat musik pianika melalui metode jigsaw pada siswa kelas V : studi penelitian tindakan kelas SDN Tanah Tinggi 07 Pagi Kecamatan Johar Baru Jakarta Pusat
PENINGKATKAN KETERAMPILAN BERMAIN ALAT MUSIK PIANIKA MELALUI METODE JIGSAW PADA SISWA KELAS V SDN TANAH TINGGI 07 PAGI JAKATRA PUSAT (2016) Kinanti
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan bermain alat musik pianika melalui metode jigsaw pada siswa kelas V SDN Tanah Tinggi 07 Pagi, Jakarta Pusat. Penelitian dilaksanakan pada semester dua sejak bulan Mei sampai dengan Juni 2016 dengan subjek penelitian 28 siswa tahun ajaran 2015/2016. Metode penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model spiral/siklus dari Stephen Kemmis dan Mc. Taggart dengan empat tahap pada setiap siklus yaitu, tahap perencanaan, pelaksanaan, tindakan, pengamatan/observasi dan refleksi. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan melalui hasil proses pengamatan tindakan dan pengumpulan dokumentasi/foto yang diambil pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian menunjukan persentase nilai pengamatan tindakan guru dan siswa pada siklus I mencapai 70% dan meningkat pada siklus II menjadi 85%. Adapun persentase peningkatan keterampilan bermain alat musik pianika pada siklus I mencapai 71,28% meningkat pada siklus II menjadi 83,04% Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peningkatan keterampilam bermain alat musik pianika pada siswa kelas V SDN Tanah Tinggi 07 Pagi, Jakarta Pusat dapat ditingkatkan melalui metode jigsaw. Implikasi hasil penelitian ini adalah bahwa penggunaan metode jigsaw merupakan salah satu kegiatan pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan bermain alat musik pianika pada siswa kelas V SDN Tanah Tinggi 07 Pagi, Jakarta Pusat.
Kata Kunci: Bermain Alat Musik Pianika, Metode Jigsaw
Bibliografi : lembar 84-85
SS00010373 | SK 10373 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain