Text
Hubungan antara status sosial ekonomi dengan motivasi belajar siswa di SMK Negeri 44 Jakarta
ABSTRAK
DESTINY RASTANURA SITINJAK. Hubungan Antara Status sosial eknomi
Dengan Motivasi belajar Pada siswa SMK N 44 Jakarta. Program Studi
Pendidikan Ekonomi, Konsentrasi Pendidikan Administrasi Perkantoran,
Jurusan Ekonomi dan Administrasi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri
Jakarta, Mei 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data valid dan reliabel tentang
Hubungan Antara status sosial ekonomi dengan Motivasi Belajar Pada siswa SMK N
44 Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama 4 bulan terhitung mulai bulan Maret
sampai Juni 2016. Penelitian ini dilakukan dengan metode survei dengan pendekatan
korelasional dan menggunakan data primer Motivasi Belajar).
Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik pengambilan acak
proporsional (proportional random sampling). Populasi penelitian ini adalah seluruh
siswa/i SMK N 44 Jakarta. Populasi terjangkau penelitian ini adalah Seluruh Siswa/i
kelas XI SMK N 44 Jakarta yaitu 186 Siswa. Jumlah sampel yang dijadikan penelitian
ini adalah 119 orang.
Dari uji persyaratan analisis yang dilakukan, dapat dinyatakan berdistribusi normal
dan linier dengan persamaan regresi Ŷ = 98,22 + 4,956X. Berdasarkan hasil uji
hipotesis dapat diketahui bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara budaya
organisasi dengan Status Sosial Ekonomi dengan Motivasi belajar siswa dengan
dilakukan uji t, dimana thitung sebesar 8,21 dan ttabel sebesar 1,67.
Berdasarkan perhitungan koefisien korelasi Status sosial ekonomi dengan
Motivasi belajar diperoleh hubungan yang cukup kuat yaitu sebesar 0,605.
Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi yang dilakukan menghasilkan 0,3656
atau sebesar 36,56%. Hal ini berarti sebesar 36,56% Status Sosial Ekonomi
mempengaruhi tingkat Motivasi belajar , sedangkan sisanya 63,44% dipengaruhi oleh
variabel lain yang tidak dijelaskan dalam model ini.
Kata Kunci: Status Sosial Ekonomi, Motivasi Belajar.
Bibliografi : lembar 72-73
SS00010385 | SK 10385 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain