Text
Pengaruh penggunaan media ICT dalam bentuk game edukasi terhadap efikasi diri anak usia 5-6 tahun (studi eksperimen di TK Pertiwi 3 Jakarta Timur)
ABSTRAK
ELIZA DIAN OKTAVIATIKA. Pengaruh Penggunaan Media ICT dalam Bentuk Game Edukasi pada Anak Usia 5 – 6 Tahun (Studi Eksperimen di TK Pertiwi 3 Jl. Cipinang Kebembem II No. 19 Pisangan Timur, Jakarta Timur). Skripsi. Jakarta: PG PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta, 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris tentang pengaruh penggunaan media ICT dalam bentuk game edukasi pada anak usia 5 – 6 tahun yang merupakan anak Kelompok B. Penelitian ini dilaksanakan di TK Pertiwi 3 Jl. Cipinang Kebembem II No. 19 Pisangan Timur, Jakarta Timur.
Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen, dengan desain randomized control group pre test – post test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak usia 5-6 tahun atau peserta didik kelompok B di Kecamatan Pulogadung. Sampel penelitian adalah anak usia 5-6 tahun kelompok B di TK Pertiwi 3, Jakarta Timur yang berjumlah 30 orang anak, yaitu 15 anak sebagai kelompok eksperimen dan 15 anak sebagai kelompok kontrol. Adapun sampel diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling.
Hasil perhitungan diperoleh pengujian hipotesis yang menunjukkan thitung = 7,17 > ttabel = 1,70 artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian kesimpulan yang diperoleh adalah penggunaan media ICT dalam bentuk game edukasi berpengaruh signifikan terhadap efikasi diri anak usia 5-6 tahun yang merupakan anak kelompok B TK Pertiwi 3, Jakarta Timur.
Implikasi untuk penelitian ini adalah efikasi diri anak yakni berkaitan dengan keyakinan anak terhadap kemampuannya. Sebagai generasi penerus, anak harus memiliki bekal yang baik dan dipersiapkan dengan baik. Game edukasi memiliki jenis dan tipe yang sangat beragam, untuk itu orang tua dan guru harus mampu memilah jenis-jenis game edukasi yang sesuai dengan tahap perkembangan anak sehingga dapat memberikan pengaruh yang positif
Bibliografi : lembar 110-112
SS00011150 | SK 11150 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain