Text
Pengaruh metode problem based learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kretif pada pembelajaran matematika kelas V SD di Kelurahan Kembangan Utara Kecamatan Kembangan Jakarta Barat
PENGARUH METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD DI KELURAHAN KEMBANGAN UTARA KECAMATAN KEMBANGAN JAKARTA BARAT
(2016)
NELLA FARAH DHIENA MUKHSHY
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif pada pembelajaran matematika kelas V SD. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kembangan Utara 10 Pagi, Kelurahan Kembangan Utara, Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat. Sampel dalam penelitian ini adalah 58 siswa kelas V SDN Kembangan Utara 10 Pagi, Kelurahan Kembangan Utara, Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat. Pengambilan sampel menggunakan teknik Two stage cluster sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain Posttest-Only Control Design. Pengumpulan data dilakukan dengan instrument post test kemampuan berpikir kreatif. Instrumen tersebut kemudian diuji normalitas dengan uji Lilliefors dan uji homogenitas dengan Uji F. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh data berdistribusi normal dan homogen. Hasil yang diperoleh dari uji hipotesis pada tes kemampuan berpikir kreatif adalah t-hitung > t-tabel yaitu 11,211 > 2,0032, maka tolak H0 dan terima Ha, sehingga dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan pada penggunaan metode Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif pada pembelajaran matematika kelas V SD. Oleh sebab itu, guru perlu mengetahui kemampuan dan kebutuhan siswa agar guru dapat merancang kegiatan yang bervariasi dalam pembelajaran matematika untuk dapat menumbuhkan serta mengembangkan kemampuan berpikir kreatif pada pembelajaran matematika siswa kelas V SD.
Kata kunci: Metode Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa Kelas V SD.
Bibliografi : lembar 57-59
SS00011149 | SK 11149 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain