Text
Meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia tentang Kata sifat pada peserta didik tunarungu melalui kegiatan bermain scrabble di SLB Flora Indonesia : penelitian tindakan kelas pada peserta didik tunarungu kelas IV di SLB Flora Indonesia
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA TENTANG KATA SIFAT PADA PESERTA DIDIK TUNARUNGU MELALUI KEGIATAN BERMAIN SCRABBLE DI SLB FLORA INDONESIA
(Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Tunarungu Kelas IV di SLB Flora Indonesia)
(2016) Freeta Tri Teya Yuniar
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia tentang kata sifat pada peserta didik tunarungu melalui kegiatan bermain scrabble di SLB Flora Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari sampai Juni 2016. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini di bagi menjadi dua siklus, masing-masing terdiri dari perencanaan, tindakan dan pengamatan, serta refleksi. Subyek penelitian terdiri dari 5 peserta didik tunarungu. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, pengamatan, dan dokumentasi gambar. Hasil penelitian menunjukkan ketuntasan penguasaan hasil belajar yang diharapkan yaitu 60, sehingga penelitian diakhiri hanya pada dua siklus saja. Berdasarkan hasil penelitian tindakan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa kegiatan bermain scrabble dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia tentang kata sifat pada peserta didik tunarungu kelas IV di SLB Flora Indonesia .
Kata kunci: hasil belajar bahasa Indonesia, kegiatan bermain scrabble, peserta didik tunarungu
Bibliografi : lembar 116-117
SS00011147 | SK 11147 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain