Text
Kelayakan media pembelajaran CD interaktif materi technical drawing pada mata kuliah komputer desain : pada mahasiswa pendidikan tata busana yang telah menempuh mata kuliah komputer desain
ABSTRAK
Siti Musyarofah. Kelayakan Media Pembelajaran CD Interaktif Materi Technical Drawing Pada Mata Kuliah Komputer Desain. Jakarta: Program Studi Pendidikan Tata Busana, Jurusan Ilmu Kesejahteraan Keluarga (IKK), Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh dan menganalisis data kelayakan media pembelajaran CD interaktif materi technical drawing pada mata kuliah komputer desain yang mencakup kelayakan aspek pedagogik dan aspek media. Penelitian dilakukan pada Program Studi Tata Busana, Jurusan Ilmu Kesejahteraan Keluarga (IKK), Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta.
Peneliti membuat media pembelajaran dalam bentuk CD berupa multimedia interaktif berbasis komputer, dimana didalamnya terdiri dari gabungan berbagai komponen yaitu: teks, layout, warna, suara, gambar, animasi dan video. Media pembelajaran CD interaktif dibuat dengan menggunakan beberapa software yaitu CorelDRAW X7, Camtasia Studio 8, dan Macromedia Flash.
Metode penelitian yang digunakan ialah R&D (Reseacrh and Developmet) Media pembelajaran ini menggunakan model pengembangan Richey and Klein dengan beberapa tahap yaitu Planning, Production, dan Evaluation. Penelitian ini menggunakan pengujian internal expert review (pendapat ahli dan praktisi) dan pengujian eksternal field evaluation (evaluasi lapangan). Pengujian internal terdiri dari uji validitas (1 dosen ahli materi & 1 dosen ahli media), uji kelayakan (2 panelis ahli materi dan 2 panelis ahli media). Pengujian eksternal dilakukan terhadap 33 mahasiswa yang telah mengikuti mata kuliah komputer desain sebagai pengguna. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan skala penilaian rating scale.
Media pembelajaran CD interaktif dikatakan layak berdasarkan hasil wawancara dan hasil skor penilaian ahli materi 100% dan media 87,5% yang meliputi aspek pedagogik dan aspek media. Berdasarkan hasil kuesioner mahasiswa 90,9% menyatakan media pembelajaran CD interaktif sudah sangat baik, dilihat dari kejelasan materi dan pemanfaatan media.
Hasil penelitian uji kelayakan media pembelajaran CD interaktif materi technical drawing pada mata kuliah komputer desain menunjukkan bahwa media ini sangat layak untuk digunakan sebagai alternatif sumber belajar. Hasil ini diperoleh dari penilaian panelis ahli materi dan panelis ahli media serta diperkuat dengan pendapat mahasiswa sebagai pengguna media pembelajaran CD interaktif.
Kata kunci : kelayakan, media pembelajaran, CD interaktif, technical drawing, komputer desain
Bibliografi : lembar 208-209
SS00011602 | SK 11602 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2016.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain