Text
Hubungan sikap ilmiah dengan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD di Kelurahan Grogol Selatan Jakarta Selatan
HUBUNGAN SIKAP ILMIAH DENGAN HASIL BELAJAR IPA
SISWA KELAS IV SD DI KELURAHAN GROGOL SELATAN
JAKARTA SELATAN (2016) Anggita Rosafitri Handayani
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara sikap ilmiah
dengan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD di Kelurahan Grogol Selatan,
Jakarta Selatan. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN
Grogol Selatan 04 Petang dan SDN Grogol Selatan 06 Petang pada tahun
ajaran 2015/2016 sebanyak 60 siswa. Pengambilan sampel menggunakan
teknik cluster simple random sampling. Metode yang digunakan adalah
metode survey dengan teknik korelasional. Data dikumpulkan melalui
pengujian hipotesis, diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,675 dan koefisien
determinasi sebesar 45,54%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap
ilmiah berhubungan dengan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD yang
ditunjukkan melalui persamaan regresi Ŷ
=
SS00011142 | SK 11142 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain