Text
Hubungan kemampuan membaca pemahaman dan motivasi berprestasi dengan kemampuan menulis petunjuk
HUBUNGAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN KEMAMPUAN MENULIS PETUNJUK
Erdhita Oktrifianty
ABSTRAK
Hal ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemampuan membaca pemahaman dan motivasi prestasi dengan kemampuan menulis petunjuk. Penelitian ini dilakukan di SDN Kedoya Utara 01 dan SDN Kedoya Utara 02, Kebon Jeruk, Jakarta Barat pada tahun pelajaran 2012/2013 pada semester II. Sampel pada penelitian ini sebanyak 73 responden, yang diambil dengan teknik cluster random ampling. Metode penelitian dengan metode survey, yang bertujuan untuk menelaah: 1) Ada hubungan yang signifikan dengan kemampuan membaca pemahaman dengan kompetensi menulis petunjuk; 2) ada hubungan yang signifikan motivasi berprestasi dengan kompetensi menulis petunjuk; 3) ada hubungan yang signifikan kemampuan membaca pemahaman dan motivasi berprestasi dengan kompetensi penulisan petunjuk. Dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara kemampuan membaca pemahaman dan motivasi berprestasi dengan kemampuan menulis petunjuk.Berdasarkan hasil penelitian, kemampuan menulis petunjuk dapat ditingkatkan dengan meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dan mengakomodir motivasi berprestasi, dari hasil verifikasi membuktikan bahwa kemampuan membaca pemahaman dan motivasi berprestasi menjadi faktorfaktor penentu yang signifikan.
Kata Kunci: kemampuan membaca pemahaman, motivasi berprestasi,
kemampuan menulis petunjuk.
Bibliografi : lembar 120-122
TM00004598 | TM 4598 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2013.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain