Text
Upaya meningkatkan hasi belajar matematika melalui media konkret pada siswa kelas II SDN Pejaten Timur 11 Pagi Pasar Minggu Jkarta Selatan
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MEDIA KONKRET PADA SISWA KELAS II SDN PEJATEN TIMUR 11 PAGI PASAR MINGGU JAKARTA SELATAN (2016) NUR RIZKI AMALIA
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas 2 melalui media konkret. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Pejaten Timur 11 Pagi Pasar Minggu Jakarta Selatan pada bulan Mei hingga Juni 2016. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui dua siklus, siklus terdiri atas perencanaan, (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian adalah kelas 2 SDN Pejaten Timur 11 Pagi Pasar Minggu yang memiliki nilai matematika dibawah KKM, berjumlah 30 siswa. Pengumpulan data menggunakan tes dan non tes untuk memperoleh data tentang pelaksanaan tindakan dan data hasil belajar matematika siswa yaitu melalui teknik observasi yaitu berupa catatan lapangan, lembar pemantau tindakan, catatan dokumen. Analisis presentase data yang digunakan dalam penelitian ini berdasarkan kesepakatan peneliti dan kolaborator adalah dengan menggunakan presentase kenaikan diakhir siklus mencapai 71%. Analisis data diperoleh dari hasil presentase kenaikan diakhiri siklus mencapai 82,60%. Hasil akhir dari keseluruhan analisis presentase data adalah peningkatan mencapai lebih dari 71%. Berdasarkan peningkatan presentase dari penelitian ini, semua siswa telah mencapai presentase kenaikan mencapai 71%, maka dapat dinyatakan bahwa hipotesis diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa melalui media konkret dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas 2 SD.
Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Media Konkret
Bibliografi : lembar 150-153
SS00011237 | SK 11237 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain