Text
Pengaruh Intensitas membaca dan konsep diri terhadap perilaku konsumtif : studi tentang siswi kelas X yang membaca majalah gogirl! di SMA Labschool Jakarta
ABSTRAK
Devie Savitrie. Pengaruh Intensitas Membaca dan Konsep Diri Terhadap Perilaku Konsumtif. Skripsi. Jakarta: Program Studi Sosiologi Pembangunan, Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh antara intensitas membaca dan konsep diri terhadap perilaku konsumtif siswa perempuan kelas X yang membaca majalah Gogirl!di SMA Labschool Jakarta, Komplek UNJ, Rawamangun, Jakarta Timur. Responden penelitian ini adalah siswi kelas X di SMA Labshool Jakarta. Pemilihan majalah Gogirl! sebagai salah satu objek penelitian juga didasarkan pada pilihan peneliti karena konten ataupun rubrik yang ada pada majalah Gogirl! lebih banyak mengulas tentang kehidupan barat yang berbeda dengan kondisi di Indonesia. Kerangka konsep yang digunakan oleh penelitian ini adalah konsep intensitas membaca, konsep diri oleh Herbert Mead dan “Looking Glass Self” Charles Horton Cooley dan konsep perilaku konsumtif. Oleh karena itu, penelitian ini memiliki permasalahan, yaitu: Apakah terdapat suatu pengaruh antara intensitas membaca majalah Gogirl! dan konsep diri terhadap perilaku konsumtif siswa perempuan kelas X yang membaca majalah Gogirl!di SMA Labschool Jakarta?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara menyebarkan angket atau kuesioner. Jumlah populasi yang ada di SMA Labscchool sebesar 146 orang. Sampel yang diambil berdasarkan rumus didapat sebesar 60 orang. Pada uji validitas instrumen, peneliti menggunakan 10 orang sampel sebagai uji coba terlebih dahulu.
Temuan penelitian berdasarkan pada hasil uji hipotesis menggunakan uji parsial (uji-t) dan uji simultan (uji F) menunjukkan bahwa terdapat suatu pengaruh antara intensitas membaca majalah Gogirl! terhadap perilaku konsumtif siswa perempuan sebesar 1.187. Nilai ini lebih kecil dari nilai ttabel sebesar 2.001 sehingga dapat dikatakan berpengaruh (negatif). Selanjutnya, konsep diri berpengaruh (negatif) terhadap perilaku konsumtif -2.520 sehingga Ho diterima, yaitu konsep diri tidak berpengaruh terhadap perilaku konsumtif. Pada uji simultan (F) diperoleh Fhitung sebesar 3.177 dimana Ftabel sebesar 4.74 menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan antara variabel independen yaitu intensitas membaca (X1) dan konsep diri (X2) terhadap variabel dependen yaitu perilaku konsumtif (Y) pada siswa perempuan kelas X yang membaca majalah Gogirl! di SMA Labschool Jakarta. Pada penghitungan koefisien determinasi (R²) diperoleh nilai sebesar 10% tentang intensitas membaca dan konsep diri berpengaruh terhadap perilaku konsumtif siswa perempuan. Sedangkan sisanya sebesar 90% ditentukan oleh faktor lainnya seperti status sosial, keluarga, teman-teman sebaya, dan media sosial.
Kata Kunci: Intensitas Membaca, Konsep Diri, dan Perilaku Konsumtif
Bibliografi : lembar 101-103
SS00010392 | SK 10392 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain