Text
Kontribusi ISO 9001: 2008 dalam peningkatan manajemen mutu sekolah : studi kasus di SMP Negeri 115 Jakarta
ABSTRAC
Upaya peningkatan mutu pendidikan di Indonesia dilakukan dengan mengacu pada acuan mutu pendidikan, yakni standar pelayanan minimal (SPM), standar nasional pendidikan(SNP), dan standar mutu pendidikan yang melampaui standar nasional pendidikan (SNP). Standar mutu pendidikan yang melampaui SNP yang dijadikan acuan mutu Pemerintah pada organisasi pendidikan adalah sistem manajemen mutu (SMM) ISO 9001:2008. Atas dasar ini, penelitian berpijak pada kontribusi SMM ISO9001:2008 dalam peningkatan manajemen mutu sekolah di SMP Negeri 115 Jakarta. Penelitian ini difokuskan pada penjaminan mutu dengan ISO 9001:2008 dengan subfokus perbaikan berkelanjutan, tim kerja, dan pelatihan. Penelitian ini mengacu pada konsep yang dikembangkan oleh Jeol E. Ross yang menyatakan bahwa ISO 9000 is one of universal frameworks of quality assurance and ensure the quality of goods and services across borders. Edward Sallis yang menjelaskan bahwa penjaminan mutu adalah designing quality into the process to attempt to ensure that the product is produced to predetermined specification and the responsibilty of workforce, usually working in quality circles or teams, rather than the inspector, serta konsep Frank M. Gryna, et.al. yang menjelaskan bahwa penjaminan mutu merupakan the activity of providing evidence to establish confidence that quality requirements will be met.Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan metode studi kasus dengan konsep Robert K.Yin. Adapun yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah wakil manajemen mutu, kepala sekolah, wakil kepala sekolah, pendidik, dan tenaga kependidikan. Untuk prosedur pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipan, wawancara, dan studi dokumentasi (rekaman, foto)
Bibliografi : lembar 163-165
TM00004914 | TM 4914 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2013.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain