Text
Strategi komunikasi politik partai nasdem dalam pemilu legislatif 2014 : studi di partai politik nasdem
ABSTRAK
Yenita Sari, Strategi Komunikasi Politik Partai Nasdem dalam pemilu legislatif 2014 (Studi di DPP Partai Nasdem): program Studi PPKN, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta. Juni 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah strategi komunikasi politik partai Nasdem dalam pemilu legislatif tahun 2014 sehingga mempengaruhi hasil perolehan suara partai ini pada Pileg 2014. Penelitian ini dilakukan pada bulan April sampai dengan Mei 2016 di DPP Partai NasDem.
Penelitian ini merupakan studi deskriptif, yaitu penelitian yang menggunakan informan sebagai sumber informasi dan dalam pemilihan informan digunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi politik Partai Nasdem adalah wawancara sebanyak 10 pertanyaan kepada 5 informan dan 1 key informan.
Hasil wawancara menunjukkan bahwa strategi komunikasi politik yang dilakukan partai Nasdem terbentuk dalam 3 hal yaitu persuasi politik, periklanan politik dan kampanye politik. Dan berdasarkan hasil wawancara tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa komunikasi politik yang dilakukan partai Nasdem cenderung menggunakan teknik persuasi politik secara personal. Hal inilah yang membuat Partai Nasdem dapat memperoleh suara yang cukup signifikan jika diukur dari kurun waktu sejak berdirinya partai Nasdem hingga saat menjelang Pemilu Legislatif.
Kata Kunci : Komunikasi Politik, Partai Politik, Partai NasDem, Persuasi Politik, Periklanan Politik, Kampanye politik. Bibliografi : lembar 53
SS00010394 | SK 10394 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain