Text
Meningkatkan kemampuan bahasa Inggris pada anak usia 4-5 tahun melalui kegiatan bernyanyi : penelitian tindakan kelompok A di TK Bilingual Rumah Pelangi Pondok Bambu Jakarta Timur
MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI KEGIATAN BERNYANYI (Penelitian Tindakan Kelas di TK Bilingual Rumah Pelangi Pondok Bambu, Jakarta Timur) (2016)
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris pada anak usia 4-5 tahun di TK Bilingual Rumah Pelangi, Jakarta Timur melalui kegiatan bernyanyi. Subjek pada penelitian ini adalah 7 anak yang berusia 4-5 tahun Kelompok A di TK Bilingual Rumah Pelangi Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April-Juni 2016. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian adalah kelompok A TK Bilingual Rumah Pelangi, Jakarta Timur yang kemampuan Bahasa Inggris masih rendah dengan jumlah sebanyak 7 anak. Presentase keberhasilan yang disepakati peneliti dan kolaborator adalah 71%. Hasil analisis data pada praintervensi di dapat presentase sebesar 42,1%. Setelah diberikan tindakan, presentase meningkat mencapai 61,87%. Data yang diperoleh pada siklus I belum mencapai target, maka peneliti melakukan tindakan pada siklus II. Presentase yang diperoleh pada siklus II meningkat menjadi 80,41%. Berdasarkan keberhasilan presentase yang telah diperoleh, maka hipotesis tindakan dalam penelitian ini terbukti. Adapun temuan secara kualitatif diperoleh bahwa kemampuan Bahasa Inggris anak usia dini dapat meningkat dengan membangun motivasi, pemberian apersepsi, dan pemberian kesempatan untuk berbicara
Kata kunci : kemampuan Bahasa Inggris, kegiatan bernyanyi
Bibliografi : lembar 195-198
SS00011709 | SK 11709 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.009) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain