Text
Evaluasi program standar pelayanan minimal pendidikan dasar di SDN 10 Kedaung Kaliangke Jakarta Barat
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan Standar Pelayanan Minimal Pendidikan Dasar oleh SDN 10 Kedaung Kaliangke dilihat dari sisi pelaksanaan, kendala dan solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi kendala saat pelaksanaan SPM. Penelitian ini merupakan jenis penelitian evaluasi dengan model evaluasi kesenjangan/ketimpangan (The Discrepancy Evaluation Model). Dalam menganalisis data menggunakan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan karyawan SDN 10 Kedaung Kaliangke Jakarta Barat. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah (1) Pelaksanaan SPM Pendidikan Dasar oleh SDN 10 Kedaung Kaliangke berdasarkan indikator pencapaian yang telah memenuhi SPM sebesar 92,50% dan belum memenuhi SPM sebesar 7,50%. SPM belum terpenuhi dalam hal jumlah jam per minggu pembelajaran, penerapan RPP, Program Penilaian dan keterlibatan komite sekolah dalam Rencana Kerja Tahunan (RKT). (2) Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan SPM ini yaitu kurangnya informasi yang diterima sekolah mengenai SPM, kualitas SDM baik guru maupun kepala sekolah masih kurang dan kurangnya efektivitas pelaksanaan program sekolah. (3) Solusi yang dapat dilakukan yaitu sosialisasi mengenai SPM, sekolah harus mampu menyusun skala prioritas dalam mengatur jumlah jam mengajar selama per minggu, mengoptimalkan peran kepala sekolah dan peran guru, sekolah harus menyusun, memonitoring dan mengevaluasi Rencana Kegiatan Sekolah yang terdiri dari Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah dan Rencana Kerja Tahunan.
Kata Kunci: Standar Pelayanan Minimal, Evaluasi Program
Bibliografi : lembar 83-85
SS00011707 | SK 11707 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain