Text
Evaluasi program kurikulum berdasarkan standar proses di sekolah dasar Negeri Pisangan Timur 10 Pagi Jakarta
ABSTRAK
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan merupakan kurikulum yang masih digunakan oleh sebagian sekolah di Indonesia. Sekolah Dasar Negeri Pisangan Timur 10 Pagi juga merupakan salah satu sekolah yang menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Diberikannya otonomi dalam pengembangan kurikulum, maka sekolah mendapat tanggung jawab penuh dalam merancang kurikulum yang akan mereka gunakan dalam satu tahun ajaran. Tentu dengan memperhatikan kearifan lokal, potensi lokal, dan kesiapan dari sekolah itu sendiri. Standar Proses merupakan salah satu dari 8 Standar Nasional Pendidikan yang di dalamnya terdapat tata cara pelaksanaan pembelajaran di kelas. Pada penelitian ini peneliti melaksanakan penelitian di SDN Pisangan Timur 10 Pagi menggunakan metode deskriptif evaluatif dan model evaluasi Context, Input, Proccess, Product. Model ini digunakan karena pembagian keempat komponen yang ada memudahkan peneliti dalam mengevaluasi kegiatan standar proses di tempat penelitian. Penelitian yang dilaksanakan memberikan beberapa gambaran serta beberapa peniliaian dari peneliti sendiri berdasarkan instrument yang peneliti gunakan di antaranya seperti kesesuaian pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, media pembelajaran, kualifikasi dan kompetensi guru, program supervisi, dan 11 komponen akreditasi sesuai ketentuan Badan Akreditasi Nasional. Hasil yang diperoleh untuk komponen konteks adalah kesesuaian tujuan, latar belakang, dan prinsip pengembangan kurikulum dengan peraturan pemerintah. Untuk komponen Input perangkat pembelajaran serta kualifikasi dan kompetensi guru telah sesuai dengan ketentuan peraturan. Komponen proses pelaksanaan kurikulum dan supervisi sesuai dengan peraturan, dan yang terakhir komponen produk dengan 11 komponen standar proses mendapatkan skor 97,72 yang menandakan bahwa pelaksanaan standar proses di sekolah ini memenuhi kriteria sangat baik dan direkomendasikan untuk digunakan kembali pada tahun ajaran berikutnya.
Kata Kunci : Kurikulum, Standar Proses, Sekolah Dasar Negeri Pisangan Timur 10 Pagi
Bibliografi : lembar 130-132
SS00011704 | SK 11704 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.009) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain