Text
Pengaruh kemandirian belajar dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar akuntansi siswa X SMK N 3 Jakarta tahun ajaran 2015-2016
ABSTRAK
RIZKY DWI HARDIYANTI. Pengaruh Kemandirian Belajar dan Lingkungan
Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Jakarta
Tahun Ajaran 2015/2016. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar dan
lingkungan belajar terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas X SMK Negeri 3
Jakarta, baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini menggunakan
metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan
teknik pencatatan dokumen, pengamatan dan kuesioner. Populasi terjangkau dalam
penelitian ini adalah siswa kelas X di SMK Negeri 3 Jakarta yang berjumlah 144
orang siswa dengan sampel 100 orang siswa. Teknik analisis data yang digunakan
adalah regresi linear berganda dan uji hipotesis yang terdiri atas uji t dan uji F.
Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa ada pengaruh secara parsial antara
kemandirian belajar dengan hasil belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang
menunjukkan nilai thitung sebesar 6,837 lebih besar dari ttabel sebesar 1,984.
Lingkungan belajar secara parsial juga terdapat pengaruh terhadap hasil belajar, hal
ini dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitung sebesar 2,731 lebih
besar dari ttabel sebesar 1,984. Secara simultan ada pengaruh antara kemandirian
belajar dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis
data yang menunjukkan nilai Fhitung sebesar 31,860 lebih besar dari nilai Ftabel sebesar
3,09. Terdapat pengaruh yang positif dan berarti antara kemandirian belajar dan
lingkungan belajar dengan hasil belajar dengan koefisien korelasi ganda 0,570 dengan
demikian, hipotesis penelitian diterima, selanjutnya diketahui koefisien determinasi
(R2) sebesar 39,6%.
Kata Kunci : Kemandirian Belajar, Lingkungan Belajar, dan Hasil Belajar
Bibliografi : lembar 103-105
SS00010453 | SK 10453 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain