Text
Pengaruh komunikasi interpersonal guru dengan siswa terhadap motivasi belajar pada siswa kelas X jurusan akuntansi SMK Negeri 31 Jakarta
ABSTRAK
PUTRI DESTIANI FIRNASARI. Pengaruh Komunikasi Interpersonal Guru
dengan Siswa Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X Jurusan Akuntansi SMK
Negeri 31 Jakarta. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data dan fakta yang valid tentang
pengaruh komunikasi interpersonal guru dengan siswa terhadap motivasi belajar
siswa kelas X jurusan akuntansi SMK Negeri 31 Jakarta. Penelitian ini dilakukan
dengan metode survey dengan pendekatan korelasi. Pengumpulan data
menggunakan kuesioner. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah siswa
kelas X jurusan Akuntansi di SMK Negeri 31 Jakarta yang berjumlah 70 orang
siswa dengan sampel 58 orang siswa. Dari uji persyaratan analisis yang dilakukan,
data dinyatakan berdistribusi normal dan linier dengan persamaan regresi Ŷ=
85,87 + 0,28X. Data dinyatakan normal dengan jumlah L hitung sebesar 0,04723
lebih kecil dari Ltabel sebesar 0,116337. Berdasarkan uji linieritas regresi,
didapatkan data berbentuk linier dengan f hitung sebesar0,714 lebih kecil dari F table
sebesar1,87. Berdasarkan uji hipotesis, untuk uji keberartian regresi didapatkan
hasil data bahwa regresi yang diperoleh memiliki keberartian atau signifikan
dengan hasil F hitung sebesar 25,50 lebih besar dari F table sebesar 4,01.Terdapat
pengaruh yang positif dan signifikan antara komunikasi interpersonal guru dengan
siswa terhadap motivasi belajar siswa dengan koefisien korelasi 0,559 dan hasil
uji t diperoleh t hitung sebesar 5,045 lebih besar dari t table sebesar 2,003.
Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi untuk kedua variabel
menghasilkan 0,3129 yang berarti bahwa sebesar motivasi belajar siswa
ditentukan oleh variabel komunikasi interpersonal guru dengan siswa sebesar
31,29%.
Kata Kunci :Komunikasi Interpersonal, MotivasiBelajar
Bibliografi : lembar 82-84
SS00010452 | SK 10452 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain