Text
Pengaruh kecerdasan spiritual dan kecerdasan emosional terhadap kinerja guru di SMAN 44 Jakarta Timur
ABSTRAK
DEA ATIKA RATNASARI, Pengaruh Kecerdasan Spiritual dan Kecerdasan Emosional terhadap Kinerja Guru Di SMAN 44 Jakarta Timur. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, pengaruh kecerdasan spiritual, dan kecerdasan emosional terhadap kinerja guru di SMAN 44 Jakarta Timur, baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan metode ex post de facto dengan pendekatan kausal yang menggunakan data primer (variable eksogen dan variable endogen). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh guru di SMAN 44 yang berjumlah 47 orang. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa terdapat pengaruh secara parsial antara kecerdasan spiritual terhadap kinerja guru. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel atau 2,863 > 2,014 dengan angka signifikansi 0,006 sehingga kecerdasan spiritual memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Hasil analisis data untuk variabel kecerdasan emosional terhadap kinerja guru menunjukkan nilai thitung > ttabel atau 3,893 > 2,014 dengan angka signifikansi 0,000 sehingga kecerdasan emosional memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Hasil analisis data untuk variabel kecerdasan spiritual terhadap kecerdasan emosional menunjukkan nilai thitung > ttabel atau 5,109 > 2,014 dengan angka signifikansi 0,000 sehingga kecerdasan spiritual memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kecerdasan emosional. Adapun nilai Rsquare sebesar 0,57. Angka ini diubah ke bentuk persen artinya persentase sumbangan pengaruh kecerdasan spiritual dan kecerdasan emosional terhadap kinerja adalah 57% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Sedangkan nilai R yaitu sebesar 0,755 dimana nilai tersebut termasuk dalam kategori kuat (0,60-0,79) yang artinya hubungan kecerdasan spiritual, kecerdasan emosional dan kinerja guru tergolong kuat.
Kata Kunci : Kecerdasan Spirittual, Kecerdasan Emosional, Kinerja Guru
Bibliografi : lembar 107-110
SS00010451 | SK 10451 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain