Text
Pengaruh strategi pembelajaran knowledge sharing terhadap kemampuan pemahaman matematis dan self-efficacy siswa di SMPN Jakarta Utara
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KNOWLEDGE SHARING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN SELF EFFICACY SISWA DI SMPN JAKARTA UTARA
RISYHIYANI ‘AISYI
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman matematis dan self efficacy siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran knowledge sharing dengan strategi pembelajaran konvensional. Selain itu untuk mengetahui pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa.Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 53 Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen. Sampel penelitian ini menggunakan kelas yang dibagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data terdiri dari melaksanakan tes kemampuan awal matematika, tes kemampuan pemahaman matematis dan angket self efficacy. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan pemahaman matematis siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran knowledge sharing lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran konvensional. (2) Terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap kemampuan pemahaman matematis (3) adanya perbedaan bagi siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran knowledge sharing daripada siswa yang diajar dengan menggunakan strategi konvensional pada siswa yang memiliki KAM tinggi. (4) Tidak adanya perbedaan bagi siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran knowledge sharing daripada siswa yang diajar dengan menggunakan strategi konvensional pada siswa yang memiliki KAM rendah. (5) Self efficacy siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran knowledge sharing lebih baik dibandingkan dengan strategi pembelajaran konvensional.
Kata kunci: kemampuan pemahaman matematis, self efficacy, strategi pembelajaran knowledge sharing.
i
Bibliografi : lembar 113-116
TM00002073 | TM 2073 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain