Text
Upaya meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas IV SD melalui model pembelajaran kooperatif tipe numbered head togethet ( NHT ) : studi penelitian tindakan kelas di SDN Manggarai 13 Pagi Jakarta Selatan
UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT)
(Penelitian Tindakan Kelas di SDN Manggarai 13 Pagi, Jakarta Selatan)
Dita Karina
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar matematika pada siswa kelas IV di SDN Manggarai 13 Pagi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Manggarai 13 Pagi sebanyak 22 siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data menggunakan instrumen, observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian diaksanakan menggunakan model siklus dari Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian tindakan kelas dilakukan melaui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi sebagai dasar perencanaan pada siklus berikutnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisis data diperoleh persentase motivasi belajar sebesar 71,77% pada siklus I dan pada siklus II sebesar 83,27%. Hasil tersebut menunjukkan kesesuaian dengan hipotesis tindakan bahwa terjadi kenaikan dari pra penelitian ke siklus I dan siklus II melebihi 80% maka hipotesis diterima. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat dijadikan salah satu model pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas IV Sekolah Dasar
Kata Kunci: Motivasi Belajar Matematika, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT
Bibliografi : lembar 150-151
SS00011623 | SK 11623 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain