Text
Mengembangkan kreativitas matematis dengan pendekatan PMRI dan model inkuiri pada materi lingkaran kelas VIII di SMP ST.Kristoforus 1 Jakarta
DESIGN RESEARCH
MENGEMBANGKAN KREATIVITAS MATEMATIS
DENGAN PENDEKATAN PMRI DAN MODEL INKUIRI
PADA MATERI LINGKARAN KELAS VIII
DI SMP ST. KRISTOFORUS I JAKARTA
CECILIA NOVIANI
ABSTRAK
Lingkaran merupakan bagian dari geometri yang merupakan bentuk abstrak dari pengalaman visual dan spasial sehingga perlu diperkenalkan melalui bentuk dan masalah yang nyata. Hasil tes peserta didik SMP St. Kristoforus I Jakarta menunjukkan rendahnya kreativitas matematis yang dimiliki. Pembelajaran yang diberikan selama ini kurang realistik dan kurang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk melakukan penyelidikan. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan teori pembelajaran lokal dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) untuk mengembangkan kreativitas matematis peserta didik pada materi Lingkaran.
Penelitian ini menggunakan metode Design Research yang terdiri dari tiga fase yaitu persiapan dan desain, pelaksanaan pembelajaran dan analisis retrospektif. Konteks yang digunakan adalah permainan mencari benda rahasia, benda berbentuk lingkaran dan reallotment.
Analisis retrospektif menunjukkan bahwa pendekatan PMRI dan model pembelajaran inkuiri terbukti dapat mengembangkan kreativitas matematis peserta didik. Peserta didik menjadi lancar, fleksibel dan original dalam mengemukakan ide, serta mampu mengelaborasi masalah realistik dengan konsep matematika.
Kata Kunci: PMRI, Design Research, Inkuiri, Kreativitas Matematis, Lingkaran.
Bibliografi : lembar 149-151
TM00002070 | TM 2070 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain