Text
Pengaruh strategi SQ3R (survey, question, read, recite and review) dan kemandirian diri terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa SMP Santa Theresia Menteng
PENGARUH STRATEGI SQ3R
(SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, AND REVIEW)
DAN KEMANDIRIAN DIRI TERHADAP
KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP
SANTA THERESIA MENTENG
RIA INDRASARI
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi SQ3R
dibandingkan dengan strategi konvensional terhadap kemampuan komunikasi
matematis siswa ditinjau dari kemandirian diri. Metode penelitian yang digunakan
adalah kuasi-eksperimen dengan populasi seluruh siswa SMP Santa Theresia
Menteng pada tahun ajaran 2015/2016. Sampel terdiri dari 68 siswa yang dipilih
berdasarkan hasil angket kemandirian diri. Data diperoleh melalui angket
kemandirian diri dan soal tes kemampuan komunikasi matematis yang kemudian
dianalisis dengan uji ANAVA dua jalur. Analisis dan interpretasi data
menunjukkan bahwa: (1) siswa yang diajarkan dengan strategi SQ3R memiliki
kemampuan komunikasi matematis lebih tinggi daripada siswa yang diajarkan
secara konvensional; (2) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan
kemandirian diri terhadap kemampuan komunikasi matematis; (3) siswa dengan
kemandirian tinggi pada saat diterapkan strategi SQ3R memiliki kemampuan
komunikasi matematis lebih tinggi daripada siswa yang mendapatkan
pembelajaran konvensional; dan (4) siswa dengan kemandirian rendah pada saat
diterapkan strategi SQ3R memiliki kemampuan komunikasi matematis sama
dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional.
Kata kunci: kemampuan komunikasi matematis, kemandirian, strategi SQ3R.
Bibliografi : lembar 120-124
TM00002069 | TM 2069 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2017.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain