Text
Pengaruh metode inside outside circle terhadap keterampilan berdiskusi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 85 Jakarta
ABSTRAK
Khawa Rizma. 2016. Pengaruh Inside Outside Circle Terhadap Keterampilan Berdiskusi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 85 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Juli 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode inside outside circle terhadap keterampilan berdiskusi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 85 Jakarta. Populasi penelitian sebanyak dua kelas dengan jumlah 70 siswa. Metode yang digunakan, yaitu metode eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan dua kelas yang diberikan pretest dan posttest. Berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan uji t. Hasil penghitungan, diperoleh thitung sebesar 7, dan diperoleh ttabel sebesar 1,67. Dari data tersebut dapat diperoleh hasil penelitian menerima H1, yaitu terdapat pengaruh metode inside outside circle terhadap keterampilan berdiskusi siswa. Nilai keterampilan berdiskusi pada kelas eksperimen mencapai 29,09. sedangkan kenaikan nilai pada kelas kontrol hanya mencapai 3,76. Metode inside outside circle dapat diimplikasikan pada kurikulum 2013 yaitu keterampilan berdiskusi sehingga dapat membantu siswa dalam bertukar informasi dengan teman. Saran penggunaan metode inside outside circle, guru harus dapat mengendalikan kelas dengan baik agar tidak terjadi keributan dan kegaduhan.
Kata kunci: keterampilan berdiskusi, metode inside outside circle
Bibliografi : lembar 130
SS00011442 | SK 11442 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain