Text
Budaya organisasi di SMP Global Islamic School 1 Condet Jakarta Timur
ABSTRAK
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Global Islamic School 1 Condet Jakarta Timur, yang bertujuan untuk mengetahui dan memperoleh gambaran mengenai Pembentukan Budaya Organisasi dan Pewarisan Budaya Organisasi. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret 2016 hingga Juni 2016. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskripsi. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Sumber data dari penelitian ini yaitu Kepala Sekolah dan beberapa informan pendukung yaitu Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum dan Guru-guru. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, dapat disimpulkan bahwa budaya organisasi dibentuk melalui program dan kegiatan yang dijalankan sekolah yang bersifat harian, bulanan ataupun tahunan. Terdapat unsur-unsur yang membentuk budaya yaitu artefak, nilai dan asumsi dasar. Semua komponen sekolah dapat memberikan idenya dalam membentuk sebuah budaya organisasi mulai dari direktur, kepala sekolah, guru, karyawan, peserta didik, orang tua hingga office boy. Program dan kegiatan tersebut mengembangkan potensi akademik dan non akademik di SMP Global Islamic School 1 Condet Jakarta. Dalam pewarisan budaya organisasi dilakukanlah pembelajaran mengenai budaya organisasi itu sendiri terhadap warga sekolah baru yaitu peserta didik baru, guru baru ataupun karyawan baru. Pembelajaran tersebut adalah dengan sosialisasi, rekruitmen dan juga peran manajemen puncak. Praktek-praktek yang dilakukan tersebut dalam rangka mewariskan sebuah budaya organisasi memerlukan media untuk menyampaikan sebuah budaya organisasi kepada warga baru sekolah. Media tersebut bersifat simbolik dan bisa dikatakan sebagai salah satu cara dalam mewariskan budaya organisasi secara informal. Media tersebut bisa berupa simbol, slogan, cerita, dan jargon.
Kata kunci: Budaya Organisasi, Pembentukan Budaya Organisasi, Pewarisan Budaya Organisasi
Bibliografi : lembar 102-104
SS00011624 | SK 11624 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain