Text
Pengaruh strategi pembelajaran dan sikap siswa pada pelajaran Sejarah terhadap hasil belajar sejarah siswa MAN 2 Kota Bogor
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN SIKAP SISWA PADA
PELAJARAN SEJARAH TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA
MAN 2 KOTA BOGOR
Ida Yanti
ABSTRAC
Pembelajaran sejarah di sekolah dilaksanakan untuk mencapai sasaran hasil belajar yaitu: pertama, kecakapan akademik yakni memberi informasi,mengajarkan konsep,keterampilan intelektual. Kedua, kesadaran sejarah yakni membimbing siswa untuk memahami dirinya sebagai bangsa, Ketiga nasionalisme yakni membentuk watak siswa melalui nilai-nilai keteladanan dan kepahlawanan. Kenyataan di sekolah memperlihatkan bahwa siswa MAN kurang menyukai pelajaran sejarah. Hal ini terlihat dari rendahnya hasil belajar sejarah yang dicapai siswa. Berdasarkan hasil observasi siswa kurang termotivasi dalam mengikuti pelajaran sejarah karena strategi pembelajaran yang digunakan guru kurang bervariasi. Guru lebih banyak menyampaikan fakta-fakta sejarah berupa cerita kronologis sehingga membosankan siswa. Ketidaksukaan siswa pada pelajaran sejarah juga disebabkan anggapan siswa bahwa pelajaran sejarah tidak penting. Strategi pembelajaran yang digunakan guru perlu mendapat perhatian agar tujuan pembelajaran sejarah dapat tercapai. Pengaruh strategi pembelajaran dan sikap siswa pada pelajaran sejarah terhadap hasil belajar sejarah perlu diungkap lebih lanjut dalam penelitian.iiiHasil belajar merupakan tingkat kompetensi yang dicapai siswa mencakup tiga ranah yaitu kognitif, afektif dan psikomotor. (Bloom : 2010:47). Hasil belajar sejarah dalam penelitian ini dibatasi pada ranah kognitif yang dicapai siswa setelah mengikuti pembelajaran selama kurun waktu tertentu.Strategi pembelajaran adalah seluruh komponen materi pembelajaran dan prosedur atau tahapan kegiatan yang digunakan guru dalam rangka membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran. (Dick dan Carey, 2007 : 187). Strategi pembelajaran yang dilakukan guru perlu diupayakan agar dapat menciptakan lingkungan belajar yang efektif di dalam kelas. Faktor lain yang dapat mempengaruhi hasll belajar adalah sikap siswa terhadap mata pelajaran. Siswa yang memiliki sikap positif terhadap mata pelajaran sejarah akan merasa senang mempelajari mata pelajaran tersebut sehingga diharapkan akan mencapai hasil belajar yang optimal. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain treatment by level 2 x 2. Variabel yang menjadi titik perhatian adalah variabel bebas terdiri dari strategi pembelajaran dan dibedakan menjadi dua yaitu strategi pembelajaran peer lesson dan strategi pembelajaran konvensional. Variabel bebas lainnya adalah sikap siswa pada pelajaran sejarah dan dibedakan menjadi dua yaitu sikap positif dan sikap negatif siswa pada pelajaran sejarah, sedangkan yang menjadi variabel terikatnya adalah hasil belajar sejarah. pengambilan sampel dengan teknik multi stage random sampling.Instrumen yang digunakan adalah kuesioner untuk sikap siswa pada pelajaran sejarah dan tes hasil belajar sejarah. Sebelum pengujian hipotesis, data hasil penelitian diuji terlebih dahulu menggunakan uji normalitas data dengan menggunakan uji Liliefors dan uji homogenitas melalui uji Bartlett. Iv Hasil uji persyaratan analisis menunjukkan sebaran data normal dan populasi homogen. Validitas instrumen diuji menggunakan teknik korelasi r Product Moment, yang menghasilkan 40 butir
soal valid. Reliabilitas instrumen diuji dengan alpha cronbach dengan hasil 0,849. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis varians (ANAVA) yang dilanjutkan dengan uji Tuckey. C. Hasil PenelitianHasil penelitian menunjukkan bahwa : Pertama, hasil belajar sejarah siswa yang diberikan strategi pembelajaran peer lesson lebih tinggi dari siswa yang diberikan strategi pembelajaran konvensional. Kedua, terdapat pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dan sikap siswa pada pelajaran sejarah terhadap hasil belajar sejarah siswa MAN 2 Kota Bogor. Ketiga, hasil belajar sejarah siswa yang memiliki sikap positif pada pelajaran sejarah yang diberikan strategi pembelajaran peer lesson lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diberikan strategi pembelajaran konvensional.Keempat, hasil belajar sejarah siswa yang memiliki sikap negatif pada pelajaran sejarah yang diberikan strategi pembelajaran peer lesson lebih rendah dibandingkan dengan siswa yang diberikan strategi pembelajaran konvensional.
Bibliografi : lembar 102-104
TM00004549 | TM 4549 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain