Text
Pengembangan model bahan ajar bahasa Inggris untuk kelas IV semester 2 berbasis pendekatan whole language
PENGEMBANGAN MODEL BAHAN AJAR BAHASA INGGRIS UNTUK
KELAS IV SEMESTER 2 BERBASIS PENDEKATAN WHOLE LANGUAGE
(Penelitian dan Pengembangan di SDN Palmeriam 01 Pagi Jakarta
Timur) 2016 Della Ariantyah Otoluwa
ABSTRAK
Penelitian dan Pengembangan ini bertujan untuk menghasilkan sebuah
bahan ajar dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Bahan ajar yang dihasilkan
difokuskan dengan tema Sports yang diusung untuk peserta didik kelas IV
SD. Metode yang di gunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian
dan pengembangan atau Research and Development (R & D) dengan
menggunakan tahapan Atwi Suparman. Penilaian dilakukan dengan
melibatkan ahli bidang studi, ahli media, ahli desain instruksional dan peserta
didik. Data diperoleh dengan memberikan produk, tes untuk peserta didik dan
kuisioner untuk dinilai. Revisi dilakukan untuk memperbaiki kekurangan
produk. Penilaian yang didapatkan dari ahli bidang studi sebesar 98% dan
95%, ahli media 98%, ahli desain instruksional 100%, dengan rata-rata
penilaian sebesar 97,75%, dan termasuk kategori sangat baik. Implikasi dari
penelitian ini adalah penggunaan pendekatan Whole Language dimana
peserta didik dapat memahami empat keterampilan berbahasa yakni
membaca, mendengarkan, berbicara, dan menulis dengan baik tanpa perlu
mempelajarinya satu persatu khususnya dengan tema Sports yang akan
lebih memperkaya wawasan peserta didik, dan untuk mahasiswa agar dapat
menambah inovasi baru dalam bidang pendidikan dan mendapat gambaran
untuk melakukan penelitian sejenis.
Kata kunci : Bahan Ajar, Bahasa Inggris, Pendekatan Whole Language
Bibliografi : lembar 120-124
SS00011627 | SK 11627 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain