Text
Penilaian autentik pada pembelajaran bahasa Indonesia : studi kualitatif pada siswa kelas IV di SD peradaban Kota Cilegon
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang proses penerapan penilaian autentik pada pembelajaran Bahasa Indonesia tema cita-citaku siswa kelas IV SD Peradaban Kota Cilegon. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas IV, siswa kelas IV, dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan member check dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) guru dan kepala sekolah mengetahui tentang penilaian autentik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia tema cita-citaku, 2) guru melaksanakan penilaian autentik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia tema cita-citaku yang mencakup penilaian kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Penilaian kompetensi sikap dilaksanakan melalui teknik observasi, penilaian diri, penilaian antar peserta didik, dan penilaian jurnal. Penilaian kompetensi pengetahuan dilaksanakan melalui teknik tes tertulis, tes lisan, dan penugasan. Penilaian kompetensi keterampilan dilaksanakan melalui teknik penilaian unjuk kerja, penilaian proyek, penilaian produk, dan penilaian portofolio. 3) Masalah yang dihadapi, dalam hal penyesuaian antara jenis penilaian autentik dengan karakteristik peserta didik dan cara mengatasinya. 4) Faktor pendukung dan penghambat keberhasilan penerapan penilaian autentik pada pembelajaran Bahasa Indonesia tema cita-citaku di SD Peradaban Kota Cilegon.
Kata Kunci: Kurikulum 2013, penilaian autentik, pembelajaran Bahasa Indonesia.
Bibliografi : lembar 207-211
TM00002083 | TM 2083 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain