Text
Pengaruh bentuk tes objektif dan kecemasan berbahasa Jepang terhadap hasil belajar membaca huruf hiragana Bahasa Jepang : eksperimen pada siswa di SMAN 13 kota Bekasi
PENGARUH BENTUK TES OBJEKTIF DAN KECEMASAN BERBAHASA JEPANG TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBACA HURUF HIRAGANA BAHASA JEPANG
(Eksperimen Pada Siswa SMA Negeri 13 Kota Bekasi)
Kartika Sakti Oktaviani
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh bentuk tes objektif dan kecemasan berbahasa Jepang terhadal hasil belajar membaca huruf hiragana bahasa Jepang. Bentuk tes mencakup bentuk tes objektif pilihan ganda dan bentuk tes objektif betul salah. Kecemasan berbahasa Jepang mencakup kecemasan berbahasa Jepang rendah dan kecemasan berbahasa Jepang tinggi. Metode yang digunakan adalah treatment by level 2 x 2. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan analisis varian (ANAVA) dua jalan.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa; (1) hasil belajar membaca huruf hiragana bahasa Jepang kelompok siswa yang diberi bentuk tes objektif pilihan ganda lebih tinggi dari hasil belajar membaca huruf hiragana bahasa Jepang kelompok siswa yang diberi bentuk tes objektif betul salah, (2) terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara bentuk tes objektif dan kecemasan berbahasa Jepang terhadap hasil belajar membaca huruf hiragana bahasa Jepang, (3) khusus kelompok siswa yang memiliki kecemasan berbahasa Jepang rendah, hasil belajar membaca huruf hiragana bahasa Jepang kelompok siswa yang diberi bentuk tes objektif pilihan ganda lebih tinggi dari hasil belajar membaca huruf hiragana bahasa Jepang kelompok siswa yang diberi bentuk tes objektif betul salah, (4) khusus kelompok siswa yang memiliki kecemasan berbahasa Jepang tinggi, hasil belajar membaca huruf hiragana bahasa Jepang kelompok siswa yang diberi tes objektif pilihan ganda lebih rendah dari hasil belajar
Keyword: Tes Objektif, Kecemasan Berbahasa Jepang, Hasil Belajar Membaca Huruf Hiragana, Bahasa Jepang
Bibliografi : lembar 130-133
TM00002085 | TM 2085 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain