Text
Pengaruh motivasi berprestasi dan konsep diri terhadap hasil belajar akuntansi siswa SMK Negeri 40 Jakarta
ABSTRAK
LIA EKAWATI. “Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Konsep Diri Terhadap
Hasil Belajar Akuntansi Pada Siswa SMK Negeri 40 Jakarta”. Skripsi.
Program studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri
Jakarta, Juli 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh motivasi
berprestasi dan konsep diri terhadap hasil belajar akuntansi pada siswa SMK 40
Negeri Jakarta Timur. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan terhitung mulai
bulan april sampai juni 2016. Metode penelitian yang digunakan metode survey
dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa yang berjumlah 525 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini
adalah 103 siswa dengan menggunakan teknik proportional random sampling.
Data variabel Y (Hasil Belajar) variabel X1 (Motivasi Berprestasi) dan data
variabel X2 (Konsep Diri) merupakan data primer. Teknik analisis data
menggunakan SPSS 20.0, dari hasil uji F dalam tabel ANOVA menghasilkan
Fhitung (36,367) > Ftabel (3,09), hal ini berarti X1 dan X2 secara serentak
berprengaruh terhadap Y. Uji t menghasilkan thitung X1 (5,638) > ttabel (1,658),
karena thitung > ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang
positif antara motivasi berprestasi dan konsep diri terhadap hasil belajar
akuntansi. Kemudian thitung X2 (4.367) > ttabel (1,658), Karena thitung > ttabel, maka
dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara motivasi
berprestasi dan konsep diri terhadap hasil belajar akuntansi. Kemudian uji
koefisien determinasi diperoleh 0,649 artinya pengaruh variabel independen
motivasi berprestasi dan konsep diri terhadap variabel dependent (hasil belajar)
sebesar 64,9 %. Berdasarkan Persamaan Regresi Berganda didapat persamaan Ŷ
= 4,105 + 0,493X1 + 0,345X2 Adapun nilai R2 sebesar 0,649 yang artinya bahwa
variabel hasil belajar dapat dijelaskan oleh variabel motivasi berprestasi dan
konsep diri sebesar 649 % dan sisanya sebesar 35,1 % dipengaruhi atau
dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti. Berdasarkan hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa, Terdapat pengaruh positif yang signifikan antara motivasi
berprestasi dan konsep diri terhadap hasil belajar akuntansi dengan nilai Fhitung
36,367 > Ftabel 3,09. Artinya, jika motivasi berprestasi dan konsep diri tinggi
maka hasil belajar akan tinggi. Begitupula sebaliknya, jika motivasi berprestasi
rendah dan konsep diri siswa negatif maka hasil belajar akan rendah.
Kata kunci : Hasil Belajar, Motivasi Berprestasi, Konsep Diri
Bibliografi : lembar 88-90
SS00011664 | SK 11664 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain