Text
Pengaruh supervisi dan motivasi kerja terhadap kualitas pendidikan Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Makasar Jakarta Timur
ABSTRAC
Proses pendidikan berkualitas apabila seluruh komponen pendidikan terlibat dalam proses pendidikan itu sendiri. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan, kualitas pendidikan Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Makasar Jakarta Timur rendah dilihat dari kualitas keluaran siswa. Selanjutnya terkait dengan kualitas Dale H. Besterfield, et. al. menyatakan pengertian kualitas dalam konteks sederhana yaitu, “degree of excellence a product or service provides.” Kualitas merupakan tingkat keunggulan suatu produk atau layanan.
Penelitian dilakukan dengan metode penelitian lapangan melalui survei menggunakan kuesioner. Untuk instrumen kualitas pendidikan dari 30 butir pertanyaan terdapat 4 butir yang tidak valid sedangkan hasil uji reliabilitas instrumennya didapat rii = 0,959. Untuk instrumen supervisi dari 32 butir pernyataan terdapat 1 butir yang tidak valid sedangkan memiliki reliabilitas rii = 0,958. Dan untuk instrumen motivasi kerja dari 30 butir pernyataan terdapat 1 butir yang tidak valid sedangkan hasil uji memiliki reliabilitas rii = 0,958.
Hasil uji hipotesis disimpulkan bahwa: 1) terdapat pengaruh langsung supervisi terhadap motivasi kerja dengan koefisien pengaruh p21 = 0,64 (2) terdapat pengaruh langsung motivasi kerja terhadap kualitas pendidikan dengan koefisien pengaruh p32= 0,36 (3) terdapat pengaruh langsung supervisi terhadap kualitas pendidikan dengan koefisien pengaruh p31 = 0,45. Hasil uji tersebut menunjukkan adanya pengaruh supervisi dan motivasi kerja terhadap kualitas pendidikan. Upaya untuk meningkatkan kualitas pendikan dapat melalui supervise yang terprogram dan pelatihan achievement motivation training.
Bibliografi : lembar 97-98
TM00004876 | TM 4876 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2013.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain