Text
Pengaruh pembelajaran kooperatif tipe STAD ( student team achievement division ) dengan pendekatan open ended terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa : studi eksperimen di SMP Negeri 1 Jakarta
ABSTRAK
Riska Ramanda Saputri, Pengaruh Pembelajaran Kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) dengan Pendekatan Open Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat pengaruh kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan open ended serta untuk melihat apakah hasil kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan pembelajaran tersebut lebih tinggi dibandingkan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional.
Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VII-A dan VII-B di SMP Negeri 1 Jakarta semester genap tahun pelajaran 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi experiment (eksperimen semu). Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dengan menentukan kelas eksperimen (pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan open ended) dan kelas kontrol (pembelajaran konvensional). Kedua kelas yang telah dipilih berasal dari populasi yang berdistribusi normal, memiliki varians yang sama atau berasal dari populasi yang homogen, dan memiliki kesamaan rata-rata. Sebelum diberi perlakuan, kedua kelas tersebut diberi pre-test dan setelah diberi perlakuan kedua kelas diberi post-test. Data dalam penelitian ini adalah hasil post-test kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis pada pokok bahasan Aritmetika Sosial sebanyak 2 soal uraian. Sebelum digunakan, instrumen tersebut telah melalui uji validitas isi, validitas konstruk, dan validitas empirik. Perhitungan reliabilitas dilakukan dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach dan diperoleh koefisien reliabilitas sebesar 0.585 yang termasuk dalam kategori cukup.
Berdasarkan perhitungan data penelitian, kelas kontrol dan kelas eksperimen berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan memiliki varians yang sama atau berasal dari populasi yang homogen. Oleh karena itu, pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan statistik uji-
SS00011719 | SK 11719 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain