Text
The interpersonal metadiscourse in finding and discussion sections of students' skripsi in english departement : discourse analysis
ABSTRAK
Deasy Herlita. 2016. The Interpersonal Metadiscourse In Finding and
Discussion Sections of Students’ Skripsi in English Department.
Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri
Jakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan fitur Interpersonal
Metadiscourse oleh Hyland yang digunakan pada bagian Temuan dan
Pembahasan dari Skripsi mahasiswa yang berada di jurusan Bahasa Inggris,
khususnya program studi Pendidikan Bahasa Inggris. Penelitian ini bersifat
qualitatif yang menggunakan analisis konten untuk menganalisa kalimat dan
klausa yang mengandung fitur interpersonal yang telah diklasifikasikan oleh
Hyland. Focus penelitian adalah pada Skripsi dari tahun 2014 dari Jurusan
Pendidikan Bahasa Inggris. Hasilnya menunjukan bahwa skripsi tersebut
menggunakan semua fitur interpersonal seperti Hedges, Boosters, Attitude
Marker, Self – mention, and Engagement Marker dengan jumlah yang
beragam. Hedges menjadi fitur yang paling banyak digunakan sementara
Attitude Marker menjadi yang paling sedikit digunakan pada Skripsi
mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris dari tahun 2014.
Keywords: Metadiscourse, Hyland’s Interpersonal Metadiscourse, Temuan
dan Pembahasan, Skripsi.
Bibliografi : lembar 35
SS00011470 | SK 11470 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2016.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain