Text
Meningkatkan kemampuan eksplorasi gerak dasar melompat dalam pembelajaran pendidikan jasmani melalui model pembelajaran cooperative learning tipe teams games tournament (TGT) pada siswa kelas III SDN Sindang Sari 01
MENINGKATKAN KEMAMPUAN EKSPLORASI GERAK DASAR
MELOMPAT DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI
MELALUIMODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES
TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS III
SDN Sindang Sari 01 Kabupaten Bekasi
(2016)
Widya Sari Dewi
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data tentang peningkatan
kemampuan gerak dasar melompat melalui model cooperative learning tipe
Teams Games Tournament (TGT) dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani.
Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN Sindang Sari 01 Kabupaten
Bekasi dimulai pada bulan Maret sampai bulan Mei 2016, menggunakan
metode penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang terdiri dari
2 siklus dengan 4 kegiatan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan,
refleksi. Hasil penelitian menunjukkan persentase perolehan data pada siklus
I gerak dasar lokomotor melompat 40%. Siklus II menunjukkan kenaikan yang
signifikan yaitu 86,6%. Adapun data untuk pemantau tindakan pembelajaran
dengan model cooperative learning tipe Teams Games Tournament (TGT)
pada siklus I persentase 70% dan pada siklus II mencapai peningkatan
hingga 95%. Dari hasil penelitian, dapat dinyatakan bahwa dengan
menggunakan model cooperative learning tipe Teams Games Tournament
(TGT) dapat meningkatkan kemampuan gerak dasar melompat dalam
pembelajaran pendidikan jasmani. Kesimpulannya adalah bahwa
pembelajaran pendidikan jasmani dengan menggunakan: model cooperative
learning tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat dijadikan pendekatan
pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan melompat di Kelas III SDN
Sindang Sari 01 Kabupaten Bekasi.
Kata kunci: Eksplorasi gerak dasar melompat
Bibliografi : lembar 88-90
SS00010478 | SK 10478 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain