Text
Upaya pemenuhan kebutuhan pendidikan bagi anak marginal melalui pendidikan nonformal di sahabat anak kelurahan pegangsaan Jakarta Pusat
UPAYA PEMENUHAN KEBUTUHAN PENDIDIKAN BAGI ANAK
MARGINAL MELALUI PENDIDIKAN NONFORMAL DI YAYASAN
SAHABAT ANAK KELURAHAN PEGANGSAAN, JAKARTA PUSAT
(2016) Juniati Putri R E S
ABSTRAK
Adanya pelanggaran hak anak yang terjadi menunjukkan masih belum
tercapainya kebutuhan yang diperlukan oleh anak, pengeksploitasian pada
anak pun masih banyak terjadi, banyak diantara mereka yang putus sekolah
karena keuangan keluarga yang tidak mendukung. Pelanggaran atas
pemenuhan hak anak ini merupakan bagian dari belum maksimalnya
implementasi atas berbagai kebijakan perlindungan anak.
Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mendeskripsikan upaya yang
dilakukan oleh pihak sahabat anak untuk memenuhi kebutuhan pendidikan
bagi anak marginal yang ada di yayasan Sahabat Anak.
Informan pada penelitian ini adalah empat orang peserta didik, empat orang
tutor dan satu orang ketua yayasan. Pengumpulan data dalam penelitian ini
yaitu dengan melakukan observasi, wawancara dan juga dokumentasi. Pada
penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa berbagai macam program yang
sediakan oleh pihak sahabat anak dan komponen-komponen yang
mendukung terlaksananya pembelajaran, sudah baik dilaksanakan guna
memenuhi kebutuhan akan pendidikan bagi anak marginal. Program mata
pelajaran bahasa indonesia, matematika, bahasa inggris, tata boga, seni
lukis, seni tari dan character building, dan keterampilan merupakan program
yang Sahabat Anak sediakan guna memenuhi pendidikan yang mereka
butuhkan. Pihak sahabat anak hanya perlu meningkatkan dan terus
memperbaharui program tersebut karena merupakan bagian dari pendidikan
nonformal, karena kurikulum yang disusun berdasarkan pada karakteristik
peserta didik yang sudah ada, agar semakin banyak anak-anak marginal
yang kebutuhan akan pendidikannya terpenuhi.
Kata kunci : Pemenuhan Kebutuhan Pendidikan, Anak Marginal, Pendidikan
Nonformal.
Bibliografi : lembar 120-122
SS00010474 | SK 10474 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain