Text
Pembelajaran membaca Al-Qur'an braille bagi siswa tunanetra kelas III : di SLB Pembina tingkat nasional Lebak Bulus Jakarta Selatan
PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN BRAILLE BAGI SISWA TUNANETRA KELAS III
(Di SLB-A Pembina Tingkat Nasional
Lebak Bulus Jakarta Selatan)
(2016
Fajar Risdiyanto
ABSTRAK
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yaitu data yang diperoleh disajikan dalam bentuk deskriptif. Tujuan dilaksanakan penelitian ini untuk mengetahui pembelajaran membaca Al-Qur’an Braille bagi siswa tunanetra kelas III di SLB-A-PTN sebab di kelas tersebut kemampuan siswa belajar membaca Al-Qur’an Braille beragam. Oleh karena itu melalui penelitian ini ingin diperoleh informasi seperti apa upaya guru dalam mengajarkan membaca Al-Qur’an Braille di tengah kemampuan siswa yang beragam. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mengamati dan mencatat ketika pembelajaran sedang berlangsung, mendokumentasikan temuan-temuan di lapangan, mewawancarai sumber informan yakni kepala sekolah, guru pendidikan Agama Islam, dan guru kelas. Berdasarkan temuan yang diperoleh, tujuan dilaksanakan pembelajaran Al-Qur’an Braille agar siswa dapat membaca dan menulis Arab Braille dengan baik, serta dapat memahami arti yang terkandung di setiap ayat Al-Qur’an. Kemudian dalam mengajarkan membaca Al-Qur’an Braille di kelas III, guru pendidikan Agama Islam telah merancang silabus, rancangan program pembelajaran, program pembelajaran individu, dan kurikulum yang digunakan yaitu kurikulum KTSP. Terkait kemampuan siswa yang beragam bukan karena kemampuan siswa yang rendah. Tetapi kesibukan keluarga dalam beraktivitas, maka kerap kali siswa tidak masuk sekolah karena tidak ada yang mengantarnya.
Kata Kunci: Pembelajaran, membaca Al-Qur’an, Braille, tunanetra.
Bibliografi : lembar 79-80
SS00010475 | SK 10475 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain