Text
Peran guru taman Kanak-kanak terhadap stereotip gender anak dalam bermain di sekolah : studi kualitatif di kelompok A KB-TK Islam AlHusnah Jatibening, Bekasi
PERAN GURU TAMAN KANAK-KANAK TERHADAP
STEREOTIP GENDER ANAK DALAM BERMAIN DI SEKOLAH
(Studi Kualitatif Deskriptif di Kelompok A KB-TK Islam Al Husna
Jatibening, Bekasi)
(2016)
Tri Wuryani
ABSTRAK
Penelitian kualitatif deskriptif ini bertujuan untuk menganalisa dan mendeskripsikan peran guru TK dalam mengarahkan anak saat bermain di sekolah yang sesuai dengan stereotip gender. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah guru kelompok A KB-TK Islam Al Husna Jatibening. Alat pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan model Miles dan Huberman. Fokus penelitian ini adalah apa latar belakang guru dalam mengarahkan anak ketika bermain sesuai dengan stereotip gendernya, apakah guru memahami tentang stereotip gender anak, dan bagaimana reaksi anak terhadap guru pada saat mengarahkan anak dalam bermain di sekolah. Temuan penelitian menunjukkan bahwa latar belakang guru melakukan pengarahan terhadap anak yang bermain tidak sesuai gender karena kurangnya pemahaman guru mengenai stereotip gender dan pengaruh budaya serta lingkungan sosial terhadap kehidupan guru yang didapat sejak kecil, dan reaksi anak ketika guru mengarahkan anak ketika bermain hanya diam dan menurut dengan perintah gurunya. Oleh sebab itu, guru harus menambah pengetahuan dan wawasan mengenai stereotip gender, dan dapat menjalankan peran-perannya dengan baik sesuai dengan proses pembelajaran yang ideal.
Kata kunci : peran guru,stereotip gender, bermain
Bibliografi : lembar 134-136
SS00011477 | SK 11477 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.009) | Sedang Dipinjam (Jatuh tempo pada2024-03-26) |
Tidak tersedia versi lain