Text
Peran supervisi klinis dalam meningkatkan kinerja guru di SMK Negeri 26 Jakarta
ABSTRAK
Pendidikan merupakan aspek terpenting dalam kehidupan manusia, Namun sistem pendidikan saat ini sangat jauh dari kata layak, terutama tenaga pendidikannya yang kurang diperhatikan. Menurunnya kinerja guru merupakan permasalahan yang sering ditemui, untuk itu perlu adanya bimbingan yang menyeluruh. Supervisi klinis merupakan bimbingan yang diberikan kepada guru yang mengalami lemah kinerjanya. Pelitian ini bertujuan untuk mengukur sejauh mana peran supervisi klinis dalam meningkatkan kinerja guru di SMK Negeri 26 Jakarta melalui tahapan pra-observasi, observasi dan pasca-observasi. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deksriptif dengan pendekatan kualitatif . teknik yang digunakan adalah wawancara, pengamatan dan studi dokumentasi.
Adapun hasil penelitiannya adalah, 1) tahap pra-observasi melalui tahapan menganalisis kinerja guru yang melemah, lalu berdiskusi secara bersama untuk menemukan solusi atas masalah kinerja guru yang menurun, membuat perencanaan pelaksanana supervisi klinis dengan mempersipkan instrumen penilaian dan teknis pengawasannya. Lalu pada tahap observasi yang dilakukan adalah persipan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran dan persiapan bagi supervisor dalam melaksanakan pengawasan, lalu tahap selama tahap pengawasan berlangsung supervisor berada di belakang kelas sedangkan guru melaksanakan pembelajaran seperti biasanya, lalu penialaian oleh supervisor. Dan pada tahap pasca-observasi yang dilakukan adalah mengevaluasi seluruh rangkaian kegiatan supervsi klinis serta mengevaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru barulah pemaparan penilaian serta follow up dari keterlaksanaan supervisi klinis.
Kata kunci : Supervisi Klinis, Kinerja guru
Bibliografi : lembar 101-102
SS00011476 | SK 11476 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain