Text
Upaya meningkatkan kemampuan berbicara anak usia 3-4 tahun melalui metode tanya jawab dengan gambar sensorial : penelitian tindakan kelas di kelompok bermain Al-Azhar 6 Sentra Primer Jakarta Timur
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK
USIA 3-4 TAHUN MELALUI METODE TANYA JAWAB DENGAN
MEDIA GAMBAR SENSORIAL
(Penelitian Tindakan Kelas di Kelompok Bermain Al-Azhar 6 Sentra Primer,
Jakarta Timur)
(2016)
Livia Suhandina
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak
melalui metode tanya jawab dengan media gambar sensorial, dengan subjek
penelitian adalah anak usia 3-4 tahun di Kelompok Bermain Al-Azhar 6 yang
memiliki masalah dalam kemampuan berbicara. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas dengan
menggunakan model siklus Kemmis dan Taggart. Pengumpulan data
dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis
data kualitatif diperoleh melalui reduksi, display, dan verifikasi. Hasil analisis
data kualitatif membuktikan bahwa metode tanya jawab dengan media
gambar sensorial dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada anak.
Anak dapat menyampaikan pendapat dengan kalimat yang jelas, anak
mampu menggunakan kata sambung serta mengungkapkan kalimat dengan
lancar. Hasil penelitian dengan metode tanya jawab dengan media gambar
sensorial menunjukkan bahwa pemerolehan data pada siklus I adalah 58%
dan siklus II mencapai 78%. Implikasi dari kegiatan ini adalah metode tanya
jawab dengan media gambar sensoria dapat meningkatkan kemampuan
berbicara anak kelas Madinah Kelompok Bermain Al-Azhar 6 Sentra Primer,
Jakarta Timur.
Kata kunci: Kemampuan Berbicara, Metode Tanya Jawab, Media
Gambar Sensorial
Bibliografi : lembar 166-170
SS00010473 | SK 10473 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain