Text
Analisis mental states siswa kelas X MIA terhadap pembelajaran kimia pada materi stoikiometri
ABSTRAK
ROKHIMAH RAHAYU. Analisis Mental States Siswa Kelas X MIA terhadap
Pembelajaran Kimia Pada Materi Stoikiometri. Jakarta: Program Studi
Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam,
Universitas Negeri Jakarta, Juli 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mental states siswa kelas X MIA
pada materi stoikiometri. Penelitian ini berlangsung mulai dari November
2015 dan memasuki sekolah pada bulan April hingga Juni 2016. Penelitian
dilakukan di SMAN 54 Jakarta tahun ajaran 2015/2016 dengan subjek
penelitian siswa kelas X MIA 3 yang berjumlah 36 siswa. Sampel diambil
berdasarkan teknik purposive sampling untuk mendapatkan kelas dengan
karakteristik siswa yang beragam. Metode penelitian ini adalah kualitatif. Data
penelitian diambil dari hasil wawancara, reflektif jurnal, lembar observer dan
didukung oleh kuisioner MSCLI (Mental States Conceptual Learning
Inventory). Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas X MIA 3
mempunyai tiga karakteristik mental states. Karakteristik yang paling
menonjol adalah siswa dengan emosi negatif, minat tinggi dan representasi
rendah. Faktor guru merupakan salah satu penyebab utama
mendominasinya karakteristik ini.
Kata Kunci: Mental States, Emosi, Minat, Representasi, Materi Stoikiometri
Bibliografi : lembar 126-131
SS00011712 | SK 11712 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain