Text
Evaluasi program induksi bagi guru pemula di Dinas Pendidikan Kota Sukabumi
ABSTRAK
Sumber daya manusia yang berkualitas hanya dapat dihasilkan oleh sistem pendidikan yang bermutu. Salah satu faktor yang menopang sistem pendidikan yang bermutu adalah tersedianya guru yangprofesional. Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Pada saat awal seorang guru pemula mulai mengajar dan mengenal lingkungan sekolah mereka menghadapi beberapa hambatan antara lain:pengenalan karakteristik peserta didik, budaya sekolah, beradaptasi dan berkomunikasi dengan warga sekolah. Padahal pengenalan guru pemula terhadap situasi sekolah akan menentukan karir dan profesionalitas seorang guru selanjutnya. Salah satu program yang dapat membekali guru pemula dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi guru pada awal mereka bertugas adalah program induksi. Worthen dan Sanders memberi arti bahwa “evaluation as a process of identifiying and collecting information to assist decision-makers in choosing among available decision alternatives”. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-evaluatif yang menggunakan metode riset evaluasi dengan tujuan menilai dan mengujiketerlaksanaan suatu program atau efektifitas program. Penelitian ini dilaksanakan pada program induksi bagi guru pemula yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kota Sukabumi. Penelitian ini dilaksanakan mulai dari bulan April hingga bulan September 2012. Penelitian evaluatif dilakukan untuk melihat efektifitas program induksi
bagi guru pemula dengan menggunakan pendekatan model CIPP. Dasar
Bibliografi : lembar 111-112
TM00004513 | TM 4513 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain