Text
Upaya meningkatkan hasil belajar IPA melalui penerapan model learning cycle 5E pada meteri cahaya dan sifatnya kelas V SDN Menteng atas 14 pagi Jakarta Selatan
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN MODEL LEARING CYCLE 5E PADA MATERI CAHAYA DAN SIFATNYA KELAS V SDN MENTENG ATAS 14 PAGI SETIABUDI JAKARTA SELATAN
DHIYA RHAKA PUTRI
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa melalui penerapan model Learning Cycle 5e pada siswa kelas V SDN Menteng Atas 14 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester dua April sampai Juni 2016 dengan subjek penelitian 32 siswa. Penelitian dilaksanakan menggunakan model siklus dari Kemmis dan Mc. Tagart dengan empat tahapan setiap siklusnya, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Model leraning cycle 5e adalah model pembelajaran yang yang berbasis pada paham konstruktifisme dalam belajar dengan asumsi bahwa pengetahuan dibangun di dalam pikiran pembelajar. Model learning cycle 5e terdiri dari lima fase yaitu engagement, exploration, explanation, elaboration dan evaluation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Pada siklus I persentase yang diperoleh siswa yang mencapai KKM 75 sebesar 84% sedangkan pada siklus II sebesar 100%. Pada hasil pemantau aktivitas guru sebesar 80 % dan aktivitas siswa sebesar 76% pada siklus I. Pada siklus II mengalami peningkatan hasil pemantau aktivitas guru sebesar 96% dan aktivitas siswa sebesar 92%. Dengan demikian pembelajaran menggunakan model Learning cycle 5e dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Menteng Atas 14 Pagi Jakarta Selatan tentang cahaya dan sifatnya. Kata kunci : Model Learning Cycle 5e, Hasil belajar IPA Bibliografi : lembar 103-104
SS00011472 | SK 11472 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain