Text
Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepercayaan serta dampaknyapada loyalitas pelanggan maskapai penerbangan bertarif rendah Indonesia Airasia
ABSTRAK
RESTU SETYANINGSIH. Pengaruh Kualiltas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepercayaan Serta Dampaknya pada Loyalitas Pelanggan Maskapai Penerbangan Bertarif Rendah Indonesia AirAsia. Konsentrasi Manajemen Pemasaran, Program Studi S-1 Manajemen, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta. 2016.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui secara deskriptif dan empiris pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap loyalitas pelanggan dengan kepercayaan sebagai variabel mediator. Populasi pada penelitian ini adalah pengguna Indonesia AirAsia di Jakarta yang setidaknya pernah menggunakan jasa AirAsia minimal dua kali. Metode pengumpulan data menggunakan metode survei. Analisis data menggunakan SPSS versi 22 dan SEM (Structural Equation Model) dari paket statistik LISREL 8.7 untuk mengolah dan menganalisis data hasil penelitian. Hasil pengujian deskriptif menjelaskan bahwa kualitas pelayanan dan harga yang diberikan sudah baik menurut pelanggan, sehingga pelanggan percaya dan cenderung loyal kepada AirAsia. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa; (1) harga mempengaruhi loyalitas pelanggan secara positif dan signifikan, sementara kualitas pelayanan tidak mempengaruhi loyalitas pelanggan; (2) kualitas pelayanan dan harga mempengaruhi kepercayaan secara positif dan signifikan; (3) kepercayaan mempengaruhi loyalitas pelanggan secara positif dan signifikan; (4) kualitas pelayanan dan harga berpengaruh terhadap loyalitas melalui kepercayaan sebagai variabel mediasi.
Kata kunci: kualitas pelayanan, harga, kepercayaan, loyalitas pelanggan
Bibliografi : lembar 129-134
SS00011669 | SK 11669 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2016.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain