Text
Upaya meningkatkan kemampuan menyimak anak usia 5-6 tahun melalui penggunaan media video pembelajaran : penelitian tindakan kelas di kelompok B PAUD Anggrek Bulan, Cipayung, Jakarta Timur
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyimak pada anak usia 5-6 tahun di PAUD Anggrek Bulan, Cipayung Jakarta Timur melalui penggunaan media video pembelajaran. Subjek pada penelitian ini adalah 16 anak yang berusia 5-6 tahun Kelompok B di PAUD Anggrek Bulan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April-Juni 2016. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian adalah kelompok B PAUD Anggrek Bulan, Cipayung Jakarta Timur yang kemampuan menyimaknya masih rendah dengan jumlah anak sebanyak 16 orang. Presentase keberhasilan yang disepakati peneliti dan kolaborator adalah 71% dari jumlah anak mengalami peningkatan. Hasil analisis data pada praintervensi di dapat presentase 42,62%. Setelah diberikan tindakan, presentase meningkat mencapai 63,51% dengan keterangan bahwa semua anak mengalami peningkatan. Data yang diperoleh pada siklus I dijadikan acuan dalam melakukan tindakan pada siklus II untuk melihat kestabilan dan konsistensi peningkatan kemampuan. Presentase yang diperoleh pada siklus II meningkat menjadi 80,82% dengan keterangan semua anak mengalami peningkatan. Berdasarkan keberhasilan yang telah diperoleh, maka hipotesis tindakan dalam penelitian ini terbukti. Adapun temuan secara kualitatif diperoleh bahwa kemampuan menyimak anak usia dini dapat meningkat dengan menghadirkan pengalaman audio dan visual yang disajikan dalam suatu media, membangun motivasi, dan pengaturan posisi duduk anak yang sesuai dengan setting kelas. Kata kunci : kemampuan menyimak, media video pembelajaran
Bibliografi : lembar 158-164
SS00011650 | SK 11650 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain