Text
Efektivitas gaya mengajar program individual dan resiprokal terhadap hasil belajar shooting futsal pada siswa SMAN 100 Jakarta Timur
RINGKASAN
FAUZAN AZIMA. Efektifitas gaya mengajar berprogram individual dan resiprokal terhadap hasil belajar shooting pada ekstrakulikuler futsal siswa SMAN 100 JAKARTA TIMUR.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mana yang lebih efektif antara gaya mengajar program individual dengan gaya mengajar program resiprokal terhadap hasil belajar shooting futsal pada siswa futsal SMAN 100 Jakarta Timur.
Penelitian ini dimulai pada tanggal 13 Juni dan selesai pada tanggal 16 Juni 2016 di lapangan Corner futsal. Lapangan sekolah tidak boleh dipakai karena sedang adanya renovasi lapangan. Pertemuan berlangsung selama 60 menit dengan frekuensi pertemuan setiap hari dalam jangka waktu 4 hari. Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimen dan diundi dengan membagi dua kelompok yang berbeda. Kelompok pertama diberi perlakuan dengan pembelajaran gaya mengajar program individual dan kelompok kedua diberi perlakuan pembelajaran gaya mengajar resiprokal. Teknik pengambilan sampel dengan cara random sampling diambil sebanyak 30 orang dari jumlah populasi 120 orang kemudian di bagi dua kelompok.
Teknik analisis statistik yang digunakan adalah teknik statistik uji t pada taraf signifikan a = 0,05, teknik analisa data yang digunakan
ii
adalah uji t dimulai dengan menghitung nilai t hitung untuk membandingkan dengan nilai t tabel pada taraf signifikan 5%.
Gaya mengajar program individual diperoleh nilai t hitung = 28,35, nilai yang tercantum dalam t tabel dengan sederajat kebebasan (dk) = 15 – 1 = 14, taraf signifikan 5% adalah 2,145, jadi t hitung > t – tabel, berarti ada perubahan yang meyakinkan (signifikan) sebelum dan setelah diberikan perlakuan dengan gaya mengajar program individual.
Gaya mengajar resiprokal diperoleh nilai t hitung = 17,44, nilai yang tercantum dalam t tabel dengan derajat kebasan (dk) = 15 – 1= 14, taraf signifikan 5% adalah 2,145, jadi t – hitung > t – tabel, berarti ada perubahan yang meyakinkan (signifikan) sebelum dan setelah diberikan perlakuan dengan gaya mengajar resiprokal.
Gaya mengajar program individual dan resiprokal diperoleh t – hitung = 2,64, nilai yang tercantum dalam t – tabel dengan derajat kebebasan (dk) 15 + 15 – 2 = 28, taraf signifikan 5% adalah 2,048, jadi t – hitung > t - tabel.
Dengan demikian gaya mengajar program individual lebih efektif dibandingkan dengan gaya mengajar resiprokal terhadap hasil belajar shooting futsal pada siswa futsal SMAN 100 Jakarta Timur.
Bibliografi : lembar 58-59
SS00010487 | SK 10487 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.06.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain