Text
Pola diskusi online dalam forum Indonesia muda : studi terhadap kegiatan diskusi di FIM Club
ABSTRAK
Mochammad Rizqi Surawan. Pola Diskusi Online dalam Forum Indonesia Muda: Studi terhadap Kegiatan Diskusi di FIM Club. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Sosiologi, Jurusan Sosiologi, FakultasI lmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2016.
Penelitian ini membahas tentang kegiatan diskusi yang diselenggarakan oleh Forum Indonesia Muda. Hal ini berhubungan dengan visi Forum Indonesia Muda yang menjadikan tempat silahturahmi. Peneliti melakukan penelitian tentang pola diskusi melalui forum diskusi online di Forum Indonesia Muda (FIM) dan diberi nama FIM Club (FC). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola diskusi online FIM Club (FC). Penelitian ini juga dapat mempertegas apakah kegiatan diskusi online FIM Club bermanfaat atau tidak.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara mendalam (in depth interview), observasi dan studi kepustakaan. Penelitian ini dilakukan pada diskusi FIM Club Parenting dan FIM Club Pendidikan. Informan-informan dalam penelitianini ada empat belas orang yaitu,dua koordinator FIM Club selaku informan kunci, satu orang koordinator FIM Club Parenting, satu orang koordinator FIM Club Pendidikan, delapan orang peserta diskusi online FIM Club dari anggota FIM dan Non FIM. Data triangulasi diperoleh dari dua orang Pembina Forum Indonesia Muda.
Hasil temuan penelitian menunjukan bahwa pola diskusi online di FIM Club (FC) tidak jauh berbeda dengan kegiatan diskusi konvensional/ tatap muka. Pola diskusi online di FC terdapat perencanaan, proses dan hasil diskusi. FC memiliki strategi dalam merencanakan diskusi online yakni TOR (Term of Reference) dengan cara musyawarah. Proses diskusi FC membentuk sikap sosial diantara pihak yang terlibat. Hasil diskusi online FC diberikan kepada peserta diskusi melalui review dalam bentuk artikel di blogspot FC. Kebermanfaatan pola diskusi online FC cukup dirasakan oleh peserta diskusi. FC Parenting dianggap sebagai sumber belajar untuk menambah wawasan, pengetahuan dan pengalaman tentang cara berkomunikasi dengan anak, menjaga keharmonisan antara suami dan istri, cara melakukan hypno parenting. Sedangkan FC Pendidikan dianggap sebagai sumber belajar untuk menambah wawasan, pengetahuan dan literatur tentang makna hari pendidikan, sejarah tokoh pendidikan.Maka dari itu, pola diskusi online FC cukup efektif tidak hanya untuk mendorong budaya berdiskusi, tetapi juga untuk sumber belajar bagi peserta diskusi online FC. Walaupun masih ada hal yang perlu ditingkatkan dari forum diskusi FC.
Kata Kunci: Pola diskusi, Diskusi Online, FIM Club
Bibliografi : lembar 104-105
SS00011656 | SK 11656 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain