Text
Perbedaan hasil belajar IPS dengan menggunakan model pembelajaran group investigation ( GI ) dengan student team achievement division ( STAD ) : studi pada siswa di SMPN 44 Jakarta
ABSTRAK
Wendy, Perbedaan hasil belajar IPS dengan menggunakan model pembelajaran
Group Investigation (GI) dengan Student Team Achievement Division (STAD)
(Studi Pada Siswa di SMPN 44 Jakarta). Jakarta: Program Studi Pendidikan IPS.
Jurusan Pendidikan IPS. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Jakarta. 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS
dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation dengan Student
Team Achievement Division.
Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII di SMPN 44 Jakarta
semester genap tahun pelajaran 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan
adalah metode quasi experiment (eksperimen semu). Teknik pengambilan sampel
menggunakan teknik sampling purposive dengan menentukan sampel berdasarkan
kriteria tertentu, kriteria yang digunakan berdasarkan rata-rata nilai UAS semester
ganjil. Kelas eksperimen 1 yaitu kelas VIII-B (model GI) dengan kelas
eksperimen 2 yaitu kelas VIII-E (model STAD). Dalam penelitian ini dilakukan
uji coba sebanyak dua KD, yaitu pada KD 7.1 & KD 7.2. Instrumen penelitian
yang digunakan adalah tes soal pilihan ganda yang pada masing-masing KD
berjumlah 30 soal. Sebelum digunakan, instrumen tersebut telah melalui uji
validitas, realibilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda.
Menurut hasil tes pada dua KD yang berbeda, hasil belajar kelas
eksperimen 1 yang mendapatkan model pembelajaran Group Investigation (GI)
memiliki rata-rata hasil belajar IPS yang lebih tinggi dibandingkan dengan ratarata
siswa kelas eksperimen 2 yang mendapatkan model pembelajaran Student
Team Achievement Division (STAD). Berdasarkan perhitungan data penelitian,
kedua kelas penelitian berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan
memiliki varians yang sama atau homogen. Oleh karena itu, pengujian hipotesis
dilakukan dengan menggunakan statistik uji- dengan varians yang sama dan taraf
signifikansi α = 0,05. Hasil perhitungan hipotesis menyimpulkan bahwa terdapat
perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang mendapatkan model pembelajaran
Group Investigation (GI) dengan Student Team Achievement Division (STAD)
pada kelas VIII di SMPN 44 Jakarta dalam KD 7.1 & 7.2.
Kata kunci: Model Pembelajaran Group Investigation, Model Pembelajaran
Student Team Achievement Division, Hasil Belajar IPS
Bibliografi : lembar 83-84
SS00011655 | SK 11655 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain