Text
Penggunaan e-book (buku elektronik) sebagai sumber perkuliahan sejarah tahun 2015-2016 : studi kasus di prodi pendidikan sejarah FIS Universitas Negeri Jakarta
ABSTRAK
I Dewa Ayu Chyntia Wardani, Pengunaan E-book (Buku Elektronik) Sebagai
Sumber Perkuliahan Sejarah Tahun 2015-2016, (Penelitian Kualitatif dengan
Pendekatan Studi Kasus di Universitas Negeri Jakarta). Skripsi, Jakarta: Program
Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penggunaan e-book pada
perkuliahan sejarah di FIS, UNJ. Penelitian ini di mulai pada bulan Maret sampai
dengan Juni 2015. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan
studi kasus. Data diperoleh dari hasil pengamatan terlihat dan wawancara. Sumber
data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari informan kunci dan informan
inti. Infroman kunci yaitu Ketua Program Studi Pendidikan Sejarah, FIS, UNJ.
Informan inti yaitu dosen mata kuliah Sains dan Teknologi dan mahasiswa/i yang
mengambil mata kuliah tersebut. Teknik pengumpulan data adalah dengan
observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian tersebut di dapatkan
gambaran tentang bagaimana penggunaan e-book dalam perkuliahan di Prodi
Sejarah, FIS, UNJ. Beberapa hasil temuan menunjukan bahwa e-book di terima
dan di gunakan secara efektif oleh mahasiswa. dalam temuan juga menunjukan
bahwa hal tersebut tidak lain dengan faktor-faktor pendukung lainnya yaitu, dosen
sebagai fasilitator, motivator dan waktu untuk pengadaptasian. Walaupun
sebagian hasil wawancara menunjukan masih adanya ketidaksenangan mahasiswa
dalam pemakaian e-book, tapi observasi dan wawancara lebih jauh menunjukan
bahwa e-book lebih memudahkan mahasiswa dalam pencarian materi, pengerjaan
tugas dan perkuliahan itu sendiri.
Kata kunci: penggunaan e-book, metode kualitatif, pendekatan studi kasus,
observasi dan wawancara.Bibliografi :
SS00011658 | SK 11658 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain