Text
Peningkatan keterampilan menulis puisi sesuai gambar melalui strategi aktivitas menulis terbimbing (SAMT) pada siswa kelas III SDN Kedaung Kali Angke 06 Jakarta Barat
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI SESUAI GAMBAR
MELALUI STRATEGI AKTIVITAS MENULIS TERBIMBING (SAMT) PADA SISWA KELAS III SDN KEDAUNG KALI ANGKE 06
JAKARTA BARAT
(2016)
KARTIKA NUR RACHMAWATI
ABSTRAK
Tujuan dari Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah untuk mengkaji tentang peningkatan keterampilan menulis puisi sesuai gambar melalui Strategi Aktivitas Menulis Terbimbing (SAMT) pada siswa kelas III SDN Kedaung Kali Angke 06 Jakarta Barat. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Kedaung Kali Angke 06 Jakarta Barat yang berjumlah 36 orang, terdiri dari 15 orang siswa dan 21 orang siswi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa tes uraian, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Model tindakan yang digunakan adalah model siklus dari Kemmis dan Mc. Taggart yang dimodifikasi oleh Suharsimi Arikunto. Adapun tahapan PTK berdasarkan model tersebut adalah tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Aktivitas Menulis Terbimbing (SAMT) dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis puisi sesuai gambar. Siklus I sebanyak 14 siswa mendapat nilai ≥ 72 dengan ketuntasan belajar sebesar 38%. Pada siklus II sejumlah 26 siswa memperoleh nilai ≥ 72 dengan ketuntasan belajar sebanyak 72%. Pada siklus III sejumlah 34 siswa memperoleh nilai ≥ 72 sebanyak 94%. Aktivitas guru dalam pembelajaran pada siklus I mencapai 64% sementara aktivitas siswa mencapai 67%. Pada siklus II terjadi peningkatan namun belum dapat dikatakan baik dari aktivitas guru mencapai 71%, sementara aktivitas siswa menjadi 75%. Pada siklus III terjadi peningkatan yang sangat baik dari aktivitas guru 92% sementara aktivitas siswa menjadi 96%. Oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis puisi sesuai gambar melalui Strategi Aktivitas Menulis Terbimbing (SAMT) pada siswa dapat meningkat.
Kata kunci: Keterampilan Menulis, Puisi Sesuai Gambar, Strategi Aktivitas Menulis Terbimbing (SAMT), Kelas III Sekolah Dasar.
Bibliografi : lembar 133-134
SS00011646 | SK 11646 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain