Text
Peningkatan keterampilan menulis surat undangan melalui strategi aktivitas menulis terbimbing (SAMT) pada siswa kelas V SDN Kedaung Kali Angke 06 Jakarta Barat
ABSTRAK
Tujuan dari Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah untuk mengkaji
tentang peningkatan keterampilan menulis surat undangan melalui Strategi
Aktivitas Menulis Terbimbing (SAMT) pada siswa kelas V SDN Kedaung Kali
Angke 06 Jakarta Barat. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V
SDN Kedaung Kali Angke 06 Jakarta Barat sebanyak 24 orang, terdiri dari 9
orang siswa dan 15 orang siswi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini
berupa tes uraian, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik
analisis data yang dilakukan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Model
tindakan yang digunakan adalah model Kemmis dan Taggart yang
dimodifikasi oleh Suharsimi Arikunto. Adapun tahapan PTK berdasarkan
model tersebut adalah tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan,
pengamatan/observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
Strategi Aktivitas Menulis Terbimbing (SAMT) dapat meningkatkan
keterampilan siswa dalam menulis surat undangan. Siklus I sebanyak 10
siswa mendapat nilai ≥70 dengan ketuntasan belajar sebesar 42%. Pada
siklus II sejumlah 17 siswa memperoleh nilai ≥70 dengan ketuntasan belajar
sebesar 71%. Pada siklus III sejumlah 21 siswa memperoleh nilai ≥ 70
dengan ketuntasan belajar sebesar 87%. Aktivitas guru dalam pembelajaran
pada siklus I mencapai 66%, sementara aktivitas siswa mencapai 64%. Pada
siklus II terjadi peningkatan dari aktivitas guru mencapai 75%, sementara
aktivitas siswa mencapai 73%. Pada siklus III terjadi peningkatan yang
sangat baik dari aktivitas guru maupun siswa menjadi 91%. Maka, dapat
disimpulkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan menulis surat undangan
melalui Strategi Aktivitas Menulis Terbimbing (SAMT) pada siswa kelas V
SDN Kedaung Kali Angke, Jakarta Barat.
Kata kunci: Keterampilan Menulis, Surat Undangan, Strategi Aktivitas
Menulis Terbimbing (SAMT)
Bibliografi : lembar 137-138
SS00011645 | SK 11645 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain